6 Nutrisi Penting agar Terbebas dari Serangan Flu


Musim hujan telah tiba. Inilah saat di mana daya tubuh Anda mengalami ujian yang sesungguhnya. Musim hujan identik dengan berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang seringkali menyerang adalah flu atau pilek.
Meski tidak berbahaya, namun penyakit ini dapat mengganggu aktivitas harian karena tubuh akan merasa lemas tak berdaya saat flu menyerang. Selain menerapkan kebiasaan sehat untuk menangkis serangan virus penyebab flu, salah satu upaya pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk adalah dengan meningkatkan asupan nutrisi ke dalam tubuh untuk memperkuat kekebalan tubuh Anda.

Berikut 6 nutrisi penting yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar terbebas dari serangan flu.
  1. Vitamin D
    Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutritionmenyataka bahwa konsumsi vitamin D yang cukup dapat membantu sel-sel kekebalan tubuh mengidentifikasi dan menghancurkan bakteri dan virus yang membuat kita sakit. Anda perlu 600 – 1.000 IU vitamin D per hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh lebih optimal. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari ikan salmon, susu, sinar matahari, ataupun suplementasi.
  2. Polifenol
    Teh hijau kaya akan polifenol. Sebuah studi menunjukkan bahwa jenis tertentu dari polifenol yang disebut catechin dapat membunuh virus influenza. Untuk memaksimalkan manfaatnya dan mengurangi rasa pahitnya, seduh teh hijau dengan air panas tidak lebih dari 1-2 menit saja. Sebaiknya jangan mencampurnya dengan susu, karena protein pada susu dapat menghambat kinerja polifenol.
  3. Probiotik
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa yogurt mengandung bakteri baik yang dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam usus. Bakteri baik ini juga dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit, termasuk penyakit flu. Yogurt yang kaya akan probiotik juga dapat meningkatkan aktivitas sel imun dalam melawan virus dan patogen lainnya.
  4. Serat Larut
    Serat larut banyak terdapat pada buah jeruk, apel, wortel, serta kacang-kacangan. Serat larut efektif untuk melawan peradangan. Serat larut yang juga banyak terdapat pada gandum, biji-bijian dan sayuran berdaun hijau ini penting bagi kesehatan dan baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsilah 25 – 38 gram serat larut tiap hari untuk meningkatkan kesehatan Anda.
  5. Royal Jelly
    Royal jelly telah lama dianggap sebagai ramuan panjang umur. Royal jelly dapat meningkatkan energi dan vitalitas karena kaya vitamin dan kolagen. Royal jelly merupakan makanan untuk lebah ratu. Mengandung protein antibakteri yang disebut royalisin, yang bereaksi terhadap bakteri tertentu, termasuk streptokokus dan stafilokokus. Selain itu, royal jelly juga kaya akan flavonoid dan terpenoid yang bersifat antioksidan, bersifat antibakteri, antivirus, antijamur, dan antiprotozoa.
  6. Beta Karoten
    Beta karoten adalah antioksidan kuat yang penting meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institute of Food Research di Inggris merekomendasikan konsumsi beta karoten untuk meningkatkan kinerja sel-sel imun tubuh. Beta karoten banyak terdapat dalam sayuran berwarna oranye, termasuk wortel, labu, ataupun ubi jalar. Makanan-makanan ini juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda.
Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah serangan flu. Selain membiasakan hidup sehat, pastikan Anda juga mengkonsumsi nutrisi penting untuk daya tahan tubuh Anda dalam jumlah yang cukup dan seimbang. Cara alami adalah cara terbaik untuk menghindarkan Anda dari serangan berbagai penyakit, termasuk penyakit flu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRINSIP KERJA RADIO PENERIMA FM MONO

MACAM-MACAM RADIO PENERIMA

6 Hewan dengan kemampuan menyamar terhebat sejagat